Analisis Pengaruh Brand Image, Nilai Pelanggan dan Kinerja Pelayanan terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Borneo di Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, nilai pelanggan dan kinerja pelayanan terhadap keputusan menginap pada Hotel Borneo di Pontianak. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua responden yang pernah dan ingin menginap pada Hotel Borneo Pontianak. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner dan studi dokumenter dengan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 22. Pengujian data variabel dalam penelitian ini dilakukan melalui pengujian uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa brand image, nilai pelanggan dan kinerja pelayanan yang telah dilakukan pengujian menghasilkan hubungan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan menginap pada Hotel Borneo di Pontianak.