Analisis Pengaruh Kualitas Lini Produk, Daya Tarik Promosi dan Harga Kompetitif terhadap Kinerja Penjualan pada UMKM Sektor Ritel di Kota Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh kualitas lini produk, daya tarik promosi dan harga kompetitif pada UMKM sektor Ritel di Kota Pontianak. Teknik analisa data penelitian yang digunakan dalam penulisan adalah penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling,dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Dalam penelitian ini digunakan alat bantu berupa software SPSS Versi 25 (Statistical Program For Sosial Science, 25). Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa kualitas lini produk dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja penjualan UMKM sektor Ritel di Kota Pontianak, sedangkan harga kompetitif secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja penjualan. Saran yang diberikan peneliti pada UMKM sektor Ritel di kota Pontianak adalah pelaku usaha harus lebih inovatif dalam menghadapi persaingan yang ada seperti menambahkan berbagai variasi dalam produk, menerapkan promosi yang menarik serta dalam penetapan harga harus mampu bersaing.