Analisis Pengaruh Merchandise Assortment, Kinerja Layanan dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Konsumen pada Supermarket Kaisar di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merchandise assortment, kinerja layanan dan kepercayaan terhadap minat beli konsumen pada Supermarket Kaisar di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Incidental Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh responden yang pernah berbelanja pada Supermarket Kaisar di Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Skala Likert dengan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa variabel merchandise assortment, kinerja layanan dan kepercayaan yang diuji menggunakan uji regresi linear berganda, uji F dan uji t memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
References
Afshardost, M., farahmandian, S. dan Sadiq E. “Linking Trust, Perceived Website Quality, Privacy Protection, Gender and Online Purchase Intentions.” IOSR Journal of Business and Management, vol. 13, No. 4, 2013.
Bakti, U., Hairudin, dan Maria Septijantini Alie. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung.” Jurnal Ekonomi, vol. 22, no. 1, 2020, hal. 101-118.
Dharmanyanti, Diah. “Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Tabungan Bank Mandiri Cabang Surabaya).” Jurnal Manajemen Pemasaran, vol. 1, no. 1, April 2006, hal. 35-43.
Fure, Hendra. “Lokasi, Keragaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca.” Jurnal EMBA, vol. 1, no. 3, September 2013, hal. 276-283.
Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Kontesa, M., Wong, J.C.Y., Brahmana, R.K. dan Contesa, S. (2022). Happiness and Economic Choice. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 6(1), 78-96.
Saputra, Helmy B., dan Alimuddin Rizal Riva’i. “Pengaruh Customer Service, Merchandise Assortment, Perceived Price, dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di Matahari Departement Store Semarang.” Jurnal Bisnis dan Ekonomi, vol. 23, no. 2, 2016, hal. 163-173.
Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.
Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.