Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Inovasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Rocket Chicken di Tanjung Raya II Kabupaten Kubu Raya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan, inovasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Restoran Rocket Chicken di Tanjung Raya II Kabupaten Kubu Raya. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 23. Hasil pengujian menunjukkan kinerja layanan, inovasi produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,585 yang menunjukkan pengaruh kinerja layanan, inovasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 58,50 persen.
References
Hartono. (2022). COVID19 Vaccine: Enhancement of Stock Buying in Indonesia. Journal of Business and Management Studies, 4(1), 49-56.
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.
Hidayat, R. R. 2018. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian” (Studi Kasus pada Pembeli Gula Aren Sawit Di Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai Provinsi Sumut)”. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Putri, Adriana Lantika dan Augusty Tae Ferdinand. 2016. Analisis Pengaruh Citra Toko dan Harga Kompetitif Terhadap Pembelian Ulang Konsumen Pada Toko H.A Laury di Semarang. Diponegoro Journal of Management, Vol. 5, No. 3.
Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.
Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.
Sinurat, E. S., Lumanauw, B., & Roring, F. 2017. Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Universitas Sam Ratulangi Manado.