Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Adaptasi Teknologi dan Kapabilitas Inovasi terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Produk Makanan di Kota Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari orientasi kewirausahaan, kemampuan adaptasi teknologi dan kapabilitas inovasi terhadap kinerja pemasaran usaha mikro kecil dan menengah. Kinerja pemasaran yang baik dapat memperkuat eksistensi dan meningkatkan kemampuan bersaing yang dapat berdampak pada peningkatan penjualan dan kapasitas produksi. Sebanyak 117 tanggapan diterima dari 125 kuesioner yang disebarkan, teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah multivariate, dengan bantuan program olahan data statistik Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22. Hasil analisis data menunjukan bahwa kinerja pemasaran dapat dijelaskan oleh orientasi kewirausahaan, kemampuan adaptasi teknologi, dan kapabilitas inovasi sebesar 84,60%. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa orientasi kewirausahaan, kemampuan adaptasi teknologi, dan kapabilitas inovasi berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.
References
Ashrafi, Rafi., dan Muhammed Murtaza. “Use and Impact of ICT on SMEs in Oman.” The Electronic Journal Information Systems Evaluation, vol.11, no.3 (2008), pp.125 – 138
Astuti, Miguna., Khaiz Prambaudy, dan Dwi S. Tjiptaningsih. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Terdapat Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner.” Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, volume 4, no.1, Juni 2019, hal.1-15.
Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.
Covin, Jeffrey G., dan George T. Lumpkin. “Entrepreneurial orientation theory and research: Reflections on a needed construct.” Entrepreneurship theory and practice, vol.35, no.5 (September 2011), pp.855-872.
Hartono. (2021). COVID-19 Vaccine: Global Stock Market “Game Changer”. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(2), 8-17.
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Hussain, Jawad, Ismail Kamariah, and Shah Fayaz Ali. “The effect of market and entrepreneurial orientations on organizational performance: study of Malaysian SMEs.” City University Research Journal, vol.5, no.2 (July 2015). Pp. 203-218.
Kontesa, M., Nichol, E.O., Bong, J.S. dan Brahmana, R.K. (2020). Board Capital and Bank Efficiency: Insight from Vietnam. Business: Theory and Practice, 21(2), 483-493.
Kraus, Sascha., Rigtering, J. Coen., Hughes, Mathew., & Hosman, V. “Entrepreneurial orientation and the business performance of SMEs: a quantitative study from the Netherlands.” Review of Managerial Science, vol. 6, no.2, (April 2012), pp.161-182.