Pengaruh Inovasi Produk, Daya Tarik Promosi dan Kinerja Layanan terhadap Minat Menabung Anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak
Abstract
Kajian ini bertujuan mengidentifikasi inovasi produk, daya tarik promosi dan kinerja layanan terhadap minat menabung anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Alat analisis yang di pakai dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Metode kausalitas digunakan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, daya tarik promosi dan kinerja layanan terhadap minat menabung anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Teknik data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan nilai signifikansi α = 0,05. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti di Pontianak dan jumlah sampel 100 responden. Pada hasil penelitian dengan menggunakan Statistikal Product and Service Solution versi 22 menunjukan bahwa variabel inovasi produk, daya tarik promosi dan kinerja layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung anggota.
References
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Kurniawati, Eris Tri. “Analisis Pengaruh Profitabilitas Sistem Bagi Hasil dan Kualitas Layanan Bank Terhadap Minat Nasabah Berinvestasi.” Jurnal Humanity, vol.7, no.2, Juli 2012, hal.46-55.
Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.
Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.
Trisnadi, Dedy. “Pengaruh Kualitas Produk Tabungan dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menabung Kembali di CIMB NIAGA.” Jurnal MIX, vol.3, no.3, Oktober 2013, hal.373-383.