KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOKTER SOEDARSO PONTIANAK

Eka Trisnawati

Abstract


Kualitas pelayanan merupakan aspek dalam rangka menciptakan kepuasan pasien dengan melakukan sebuah tindakan yang menjadi tanggung jawab Rumah Sakit. Tujuan penelitian agar memperoleh kepercayaan dari pasien dan kelangsungan hidup rumah sakit dalam jangka panjang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan, menganalisis, dan menginterprestasikan data yang diperoleh sehingga dapat memberikan gambaran sebenarnya yang terjadi pada Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso Pontianak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berdasarkan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, dengan melihat jawaban dari kuesioner yang telah disebarkan kepada responden, kemudian dianalisis. Berdasarkan data dan informasi tersebut, akan dibuat tabulasi dan penulis mengklarifikasi jawaban dalam bentuk persentase. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan maka Rumah Sakit perlu kerjasama yang baik dengan memberi pelayanan seperti keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan benda berwujud.

Full Text:

2737-2746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.