Analisis Pengaruh Customer Value, Citra Perusahaan dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan menjadi Anggota Tetap Credit Union Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer value, citra perusahaan dan daya tarik promosi terhadap keputusan menjadi anggota tetap Credit Union Khatulistiwa Bakti Kantor Pusat Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data mengguakan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan memproses data dengan pada penelitian ini mnggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel customer value, citra perusahaan dan daya tarik promosi secara simultan dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota tetap. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa customer value, citra perusahaan dan daya tarik promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota tetap.
References
Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.
Brahmana, R.K., Setiawan, D. dan Kontesa, M. (2021). The Blame Game: COVID-19 Crisis and Financial Performance. SN Business & Economics, 2(11), 173.
Daud, Denny. 2013. “Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan pada PT Bess Finance Manado.” Jurnal EMBA, volume 1, no. 4, Desember, hal 51-49.
Ferdinand, Tae Augusty, dan Meiliani Nita. 2015. “Analisis Daya Tarik Desain Produk, Daya Tarik Promosi dan Persepsi Kualitas Terhadap Citra Merek serta Dampaknya Terhadap Minat Pembelian Konsumen.”Journal Of Management, Vol. 5, no. 1, Juni, hal 1-11.
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Jayanti, Ratna Dwi, dan Mochammad Zalaluddin Zuhri. 2017. “Analisis Pengaruh Iklan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Pucuk Harum Pada Konsumen De Nala Foodcourt.” Jurnal EKSIS, vol.12, no.1 (April), pp. 33-46.
Khaerudin, Sri Suryoko dan Bulan Prabawani. 2014. “Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Honda Jazz di Pekalongan” Diponegoro Journal Of Social And Political Science, Hal 1-7.
Kontesa, M., Nichol, E.O., Bong, J.S. dan Brahmana, R.K. (2020). Board Capital and Bank Efficiency: Insight from Vietnam. Business: Theory and Practice, 21(2), 483-493.
Kristiawati, Indriana, Achmad Daeng, Ani Herna Sari dan Kusyanto Heri. 2019. “Citra Merek, Persepsi Harga dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Indomaret Lontar Surabaya” JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Vol. 06 No. 02, Hal. 27-36.
Nasution, Siti Lam’ah. 2019. “Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosumen pada Master Cash & Credit Kota Pinang” Jurnal Ecobisma, Vol. 6 No. 1.
Permana, Dony Indra. 2017. “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu dan Pintu PT. Piji di Jawa Timur.” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, volume 2, no. 1, April, hal 116-123.
Rindang, Lista Sari, Silvya L.Mandley dan Agus Suspndi Soegoto. 2014 “Citra Merek, Harga dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian (PERSERO) Cabang Manado Utara” Jurnal EMBA, Vol. 2 No. 2, Hal. 1222-1232.
Sari, Devi Puspita, dan Audita Nuvriasari. 2018. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta).” Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 3(2), Hal: 73 – 83.