Analisis Pengaruh Struktur Modal, Intangible Asset, Return on Equity dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Felesia Liliyan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh struktur modal, intangible asset, return on equity dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Objek pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi dengan jumlah populasi sebanyak 53 perusahaan hingga tahun 2019. Sampel sebanyak 36 perusahaan yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dengan kriteria IPO sebelum tahun 2015 selama periode penelitian dan tidak di-suspend selama periode penelitian. Bentuk penelitian asosiatif dengan model regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data yakni studi dokumenter berupa data sekunder. Tahapan analisis mencakup analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai adjusted R square 0,228 atau 22,8 persen. Nilai signifikansi dari struktur modal sebesar 0,219 dan memiliki arah negatif. Nilai signifikansi intangible asset sebesar 0,428 dan memiliki arah positif. Nilai signifikansi return on equity sebesar 0,000 dan memiliki arah positif. Nilai signifikansi ukuran perusahaan sebesar 0,017 dan memiliki arah positif.

References

Averio, T. (2020). The Analysis of Influencing Factors on the Going Concern Audit Opinion–A Study in Manufacturing Firms in Indonesia. Asian Journal of Accounting Research, 6(2), 152-164.

Gamayuni, Rindu Rika. 2015. “The Effect Of Intangible Asset, Financial Performance And Financial Policies On The Firm Value.” International Journal Of Scientific & Technology Research, Vol. 4, no. 1, hal. 202-212.

Hartono. (2022). COVID19 Vaccine: Enhancement of Stock Buying in Indonesia. Journal of Business and Management Studies, 4(1), 49-56.

Indriakati, Andi Jenni. 2018. “Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Telekomunikasi Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah METANSI “Manajemen dan Akuntansi”, Vol. 1, no. 2, hal 34-42.

Irnawati, Jeni. 2019. “Pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Current Ratio (CR) Terhadap Nilai Perusahaan dan Dampaknya Terhadap kebijakan Dividen.” Jurnal Sekuritas, Vol. 2, no. 2, hal 1-13.

Kalsum, Umi. 2017. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Kinerja Keuangan dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia BEI.” Vol. 8, no.1, hal 130-137.

Kontesa, M., Brahmana, R.K. dan Tong, A.H.H. (2021). Narcissistic CEOs and Their Earnings Management. Journal of Management and Governance, 25(1), 223-249.

Kontesa, M., Wong, J.C.Y., Brahmana, R.K. dan Contesa, S. (2022). Happiness and Economic Choice. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 6(1), 78-96.

Muigai, Robert Gitau, dan Jane Gathigia Muriithi. 2017. “The Moderating Effect of Firm Size on the Relationship Between Capital Structure and Financial Distress of NonFinancial Companies Listed in Kenya.” Journal Of Finance And Accounting, Vol. 5, no. 4, hal 151-158.

Willim, A.P., Lako, A., dan Wendy. (2020). Analysis of Impact Implementation of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Corporate Value in Banking Sector with Net Profit Margin and Management Quality as Moderating Variables. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 116-124.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles