Analisis Pengaruh Kebijakan Promosi dan Lokasi terhadap Minat Menabung pada Credit Union Semarong di Kecamatan Nanga Mahap
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Promosi dan Lokasi terhadap Minat menabung pada Credit Union Semarong di Kecamatan Nanga Mahap. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota Credit Union Semarong di Kecamatan Nanga Mahap serta jumlah sampel yang diambil oleh penulis yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan menggunakan bantuan program SPSS versi 2.2. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa variabel Kebijakan Promosi dan Lokasi yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan Uji t memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Minat Menabung pada Credit Union Semarong di Kecamatan Nanga Mahap. Saran yang diberikan penulis kepeda Credit Union Semarong di Kecamatan Nanga Mahap ini harus mempertahankan dan lebih meningkatkan kepercayaan yang baik dibenak anggota.
References
Astuti, Tri, Rr Indah Mustikawati. 2013. “Pengaruh Persepsi NasabahTentang Tingkat Suku Bunga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah.” Jurnal Nominal / Volume II Nomor I
Brahmana, R.K. dan Kontesa, M. (2021). Does Clean Technology Weaken the Environmental Impact on the Financial Performance? Insight from Global Oil and Gas Companies. Business Strategy and the Environment, 30(7), 3411-3423.
Hartono. (2022). COVID19 Vaccine: Enhancement of Stock Buying in Indonesia. Journal of Business and Management Studies, 4(1), 49-56.
Haryanto, Resty Avita. 2013. “Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado.” Jurnal Emba 1465 Vol.1 No.4 Hal. 1465-1473.
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.
Marlinus, Doni. 2016. “Pengaruh Bauran Pemasaran Bank Nagari Cabang Muara labuh.” Jurmak, Vol.03. No. 01, 12-22.
Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publising. Walukow, Agnes Ligia Pratisitia, Liabeth Mananeke, Jantje Sepang. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Betenan Center Sonder Minahasa.” Jurnal Emba 1737 Vol.2 No.3 Hal. 1737-1749.