Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Kapabilitas Inovasi Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Bidang Fashion di Kota Pontianak

Authors

  • Herlina Herlina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh orientasi pasar, kapabilitas inovasi dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha UMKM fashion di Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak tujuh pulah lima responden dimana penulis menyebarkan kuesioner kepada pelaku usaha UMKM fashion di Pontianak. Dari perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan semua instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,726. Hasil. Hasil uji F sebesar 62,726 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pada uji t menghasilkan variabel orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, variabel kapabilitas inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kienrja pemasaran dan variabel daya tarik promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Fen Lin, H. 2007. “Knowledge Sharing and Firm Innovation Capability: an Emprical Study”. International Journal of Manpower, Vol. 28, No. ¾

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Mahfudz, Muammar Saddam F 2017. “Pengaruh Modal Manusia Modal Struktural Modal Relasional Terhadap Kapabilitas Inovasi dan Efisiensi Operasional Modal Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Bisnis”. Diponegoro Journal Of Management, Vol 6, No. 4.

Mulyani, Ida Tri. 2015. “Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalaui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengna Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang)”. Diponegoro Journal Of Management, Vol. 4, No. 3.

Pelealu, D.R. (2022). The Effect of Perceived Organizational Support, Psychological Well-Being, and Person Job Fit on Organizational Commitment through Organizational Citizenship Behavior (OCB) as Variable Intervening in Automotif Companies. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 9(4), 81-94.

Pertiwi, Yunita Dwi dan Siswoyo, Bambang Banu. 2016. “Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kripik Buah Di Kota Batu”. Syariah Paper Accounting FEB UMS, 3, h: 231-238.

Rajapathirana, R. J. Y., dan Hui, Y. 2017. “Relationship Between Innovation Capability Innovation Tipe and Firm Performance”. Journal of Innovation & Knowledge, Vol. 3(1), halaman 44-55.

Salindeho, Angelita Elisabeth dan Silvya L Mandey 2018. “Pengaruh Inovasi Produk Tempat dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Motor Suzuki (Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Cab. Malayang)”. Jurnal EMBA, Vol 6, No. 4.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Sugiyarti, Gita dan Ardyan, Elia. 2017. “Market Sensing Capability and Product Innovation Advantages in Emering Markets: The Case of Market Entry Quality and Marketing Performance of Batik Industry In Indonesia”. DLSU Business & Economics Review, 27 (1): 175-189,

Willim, A.P., Lako, A., dan Wendy. (2020). Analysis of Impact Implementation of Corporate Governance and Corporate Social Responsibility on Corporate Value in Banking Sector with Net Profit Margin and Management Quality as Moderating Variables. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 116-124.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles