PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PD CIPTA KARYA NYATA DI KABUPATEN KUBU RAYA

Andrian Chandra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan strategi diferensiasi dan pengaruh strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing pada PD Cipta Karya Nyata di Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hubungan kausal yang dikuantitatifkan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan pengaruh strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing menggunakan analisis regresi linear berganda, uji F Sig. dan parsial T.
Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa PD Cipta Karya Nyata mempunyai nilai koefisien regresi sebesar 0,342 untuk produk, nilai koefisien regresi sebesar 0,348 untuk personalia dan dimana dengan nilai koefisien regresi tertinggi adalah sebesar 0,461 untuk citra. Kemudian uji F Sig. sebesar 0,000 < 0,005, menunjukkan bahwa pada tingkat sembilan puluh lima persen terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel produk, kualitas pelayanan/jasa, personalia, citra dan saluran distribusi terhadap keunggulan bersaing. Dan nilai t hitung koefisien regresi variabel personalia adalah 2,567 dengan signifikansi 0,016 < 0,05 dan nilai t hitung koefisien regresi variabel citra adalah 2,153 dengan signifikansi 0,040 < 0,05, berarti sama-sama H0 di tolak dan H1 diterima, kondisi ini menunjukkan personalia dan citra memiliki pengaruh dengan signifikan terhadap keunggulan bersaing perusahaan. Kesimpulan dan saran yang diberikan adalah PD Cipta Karya Nyata dapat meningkatkan inovasi fitur dan kualitas produk dengan hal tersebut dapat meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan, kemudian produk perusahaan semakin menarik. Hal ini dilakukan agar strategi diferensiasi produk (product) perusahaan dapat ditingkatkan demi mendongkrak keunggulan bersaing perusahaan.


Full Text:

2534-2545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.