Kebijakan Citra Merek dalam Meningkatkan Penjualan Produk Dancow pada PT Setia Pawan Samudera di Pontianak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kebijakan citra merek dalam meningkatkan penjualan produk Dancow pada PT Setia Pawan Samudera di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan objek penelitian pada PT Setia pawan Samudera di Pontianak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data secara kualitatif dengan menggunakan Skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 130 responden, sedangkan sampel yang yang diambil sebanyak 98 responden dengan kriteria pelanggan yang berdomisili di Pontianak, pelanggan yang telah berhubungan dengan penuh diatas 2 tahun dan pelanggan yang rutin mengambil produk dengan penuh dalam 3 bulan ini. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan secara deskriptif dapat disimpulkan bahwa responden setuju bahwa Dancow memiliki citra yang baik di mata konsumen. Adapun saran-saran yang dapat diberikan adalah selalu memberikan edukasi kepada konsumen tentang keunggulan kualitas dan nutrisi yang terkandung dalam produk Dancow ini dibanding produk lainnya seperti edukasi lansung kepada ibu-ibu muda disemua bidan dan rumah persalinan di seluruh Pontianak supaya para ibu mengerti pentingnya tambahan nutrisi bagi si buah hati dalam membantu pertumbuhannya dan selalu memperhatikan tingkat keuntungan bagi pelanggan yang sudah menjual produk Dancow ini, karena pelanggan akan semakin tertarik apabila produk yang dijual dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.