Analisis Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Minyak Pelumas Shell pada PT Riodi Jaya Distributor Pontianak

Authors

  • Kevin Kevin Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini dilakukan disebabkan adanya masalah penurunan penjualan dan persaingan yang ketat pada suatu produk. Populasi adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan transaksi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pembahasan hipotesis dengan menggunakan Uji F dan Uji T. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan instrumen adalah reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan masing-masing variabel berhubungan signifikan. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji T) menghasilkan variabel independen berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel dependen. Dapat disimpulkan bahwa kepercayaan merek dan kualitas layanan, berpengaruh terhadap keputusan pembelian Minyak Pelumas Shell pada PT Riodi Jaya Distributor Pontianak. Saran yang dapat diberikan bagi penelitian ke depannya dalam melakukan penilaian terhadap keputusan pembelian pada perusahaan adalah variabel kepercayaan merek dan kualitas layanan supaya ditingkatkan lagi.

Published

2023-07-16

Issue

Section

Articles