Pengaruh Kualitas Hubungan dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT Mentari Tour & Travel di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas hubungan dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli tiket pesawat atau voucher hotel di PT Mentari Tour & Travel di Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden berdasarkan accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan bantuan program olahan data SPSS Statistic versi 22.0 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji koefisien determinasi, analisis korelasi, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil dari pengujian validitas menunjukkan bahwa semua variabel dinyatakan valid. Untuk pengujian reliabilitas menunjukkan hasil bahwa instrumen yang digunakan oleh peneliti dinyatakan reliabel. Hasil dari analisis korelasi menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas memiliki hubungan yang cukup dan signifikan terhadap variabel terikat. Hasil dari uji t menghasilkan bahwa kualitas hubungan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.