PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SURAT KABAR HARIAN PONTIANAK POST

Reknosa Vitri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek (brand equity) terhadap keputusan pembelian Surat Kabar Harian Pontianak Post. Didalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif.Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan studi dokumenter. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif berupa Skala Likert dan analisis kuantitatif menggunakan alat uji validitas dan reliabilitas, analisis koefisien regresi dan koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, serta uji signifikansi F dan uji t dengan program SPSS 17.0. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penulis mendapatkan semua variabel bebas yang digunakan oleh peneliti adalah valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, maka persamaan regresi berganda adalah Y= 0,196X1 - 0,074X2+ 0,180X3 + 0,370X4. Hasil perhitungan uji F menghasilkan nilai sebesar 8,830 pada tingkat signifikansi 0,005. Pengujian secara parsial menghasilkan variabel kesadaran merek(X1) dan variabel kesan kualitas(X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y), sedangkan variabel asosiasi merek (X3) dan variabel kesetiaan merek (X4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Koefisien determinasi menghasilkan nilai sebesar 0,271.

Full Text:

2492-2501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.