Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kinerja Pelayanan pada Restoran Ayam Pak Usu di Pontianak
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh citra merek dan kinerja pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian sebanyak 62.974 orang yang pernah melakukan pembelian pada Restoran Ayam Pak Usu di Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan bantuan software SPSS Statistic versi 22 dengan dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis dengan uji F dan uji t dengan bantuan tabel ANOVA, dan koefisien determinasi. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari Uji F adalah sebesar 80,075 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel independen berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel dependen. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,615. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa citra merek dan kinerja pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran dari peneliti ke depannya dalam melakukan penilai terhadap keputusan pembelian pada restoran adalah menggunakan variabel diluar citra merek dan kinerja pelayanan, seperti suasana restoran, kesetiaan merek, harga maupun promosi.