Pengaruh Atribut Merek dan Kinerja Layanan terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Merek Pepsodent pada PD Andhika Primajaya di Pontianak (Studi Kasus pada Pengguna Pepsodent di Kota Pontianak)
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh atribut merek, kinerja layanan terhadap keputusan pembelian pasta gigi merek Pepsodent pada PD Andhika Primajaya di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penulis menetapkan sampel dengan menggunakan rumus Ferdinand sebanyak 150 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif menggunakan untuk mengetahui pengaruh atribut merek dan kinerja layanan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil dari pengujian maka dapat dikatakan bahwa pasta gigi merek Pepsodent telah melakukan penetapan atribut merek yang baik, dimana dapat dilihat variabel atribut merek memiliki hubungan dengan keputusan pembelian akan pasta gigi merek Pepsodent. PD Andhika Primajaya juga memiliki kinerja layanan yang baik dimata konsumen dikarenakan kerja sama antar kedua belah pihak yang dijalankan melalui perantara salesman yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan.