FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKARIZO PADA PT UTAMA BINAFARMA DI PONTIANAK

Hanna Erica

Abstract


Seiring dengan berjalannya era globalisasi, persaingan yang dihadapi perusahaan semakin kompleks dan rumit, baik dalam mempertahankan ataupun memperoleh pangsa pasar yang diinginkan. Perusahaan dalam mencapai sasarannya, dihadapkan pada dua faktor penting yang mempengaruhi kebijakan strategis, yaitu perubahan (change) dan persaingan (competition). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk Makarizo pada PT Utama BinaFarma di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi documenter dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu agama yang dianut, suku atau etnis tidak mempengaruhi keputusan pembelian, namun tren di masyarakat, harga, merek, kelengkapan pilihan produk, kemudahan membeli produk, pelayanan dan kualitas produk mempengaruhinya. Penggunaan produk Makarizo tidak mempengaruhi peran dan status tertentu. Selain itu sebagian besar konsumen memilih produk Makarizo karena dipengaruhi oleh lingkungan dan kelas sosialnya. Saran-saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya perusahaan memberikan layanan atau manfaat tambahan dari harga yang dibayar oleh konsumen, gencar dalam melakukan promosi dengan berbagai media, merekrut tenaga penjual tambahan, dan mencoba menggunakan e-mail dalam sistem pemesanan produk.

Full Text:

2295-2313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.