Analisis Pengaruh Keberagaman Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada CV Tania Poetra Jaya
Abstract
Dalam persaingan pasar saat ini terdapat banyak kemungkinan keberhasilan perusahaan yang ditentukan oleh pihak perusahaan dalam memanfaatkan peluang bisnis untuk mengidentifikasi kegiatan individu yang terjadi dalam usahanya guna untuk mendapatkan dan menggunakan barang atau jasa yang termasuk adanya proses keputusan pembelian. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif menggunakan program SPSS 22 dengan regresi linier berganda untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel-variabel keberagaman produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Sampel yang akan digunakan merupakan populasi dari penelitian yang diambil dari konsumen CV Tania Poetra Jaya berjumlah 100 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis deskritif dapat disimpulkan bahwa responden setuju bahwa keberagaman produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabell bebas (produk assortment dan price) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada CV Tania Poetra Jaya.