Pengaruh Atribut Pelayanan dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian Buku pada Toko Buku Gramedia Cabang Pontianak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut pelayanan dan store image terhadap keputusan pembelian buku pada Toko Buku Gramedia Cabang Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas, dimana penulis meneliti hubungan atribut pelayanan dan store image terhadap keputusan pembelian buku di Toko Buku Gramedia Cabang Pontianak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan skala Likert dengan jumlah 100 responden. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi atribut pelayanan dan store image yang diterapkan oleh Toko Buku Gramedia Cabang Pontianak sudah baik dalam menciptakan keputusan pembelian masyarakat terhadap produk yang ditawarkan. Variabel atribut pelayanan dan store image memberikan kontribusi yang sangat kecil terhadap variabel keputusan pembelian, namun dari hasil pengujian sudah cukup untuk menunjukkan pengaruh dan hubungan yang positif diantara dua variabel tersebut. Saran yang dapat penulis berikan adalah dengan menambah jumlah karyawan untuk melayani pelanggan, memberikan pelatihan kepada karyawan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, dan juga melakukan pengontrolan secara periodik terhadap variasi produk yang akan dijual.