Pengaruh Brand Equity dan Tingkat Harga terhadap Keputusan Pembelian Oli Petronas pada CV Pelumasindo di Pontianak
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand equity dan tingkat harga terhadap keputusan pembelian oli Petronas pada CV Pelumasindo Kalbar di Pontianak. Didalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis kualitatif – kuantitatif dengan objek penelitian pada pelanggan CV Pelumasindo Kalbar di Pontianak. Teknik pengumpulan data yang dipakai menggunakan wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel menggunakan Skala Likert dengan jumlah sampel 30 pelanggan. Berdasarkan hasilpengujian menunjukkan bahwa variabel brand equity dan tingkat harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemampuan variabel brand equity dan tingkat harga dalam memberikan pengaruh pada keputusan pembelian oli Petronas adalah sebesar 19,5 persen, sedangkan 80,5 ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis kepada pihak perusahaan adalah sebaiknya bagi pihak distributor membuat majalah internal yang dibuat setiap bulan, selain untuk menginformasikan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh distributor, juga sekalian untuk promosi produk pelumas dari Petronas.