Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Merpati di Pontianak
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerjakaryawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi dasar, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi dan uji koefisien korelasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan pada Hotel Merpati di Pontianak dengan koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,144 yang artinya kemampuan variabel kecerdasan emosional dalam memberikan penjelasan terhadap kinerja karyawan yaitu sebesar 14 persen sedangkan sisanya yaitu sebesar 86 persen yang dijelaskan oleh variabel lain atau faktor lain di luar penelitian ini. Saran-saran yang dapat penulis berikan adalah agar Hotel Merpati di Pontianak perlu membuat tolok ukur kinerja yang jelas setiap awal tahun, dimana kinerja tersebut berkaitan dengan kecerdasan dan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan Hotel Merpati di Pontianak. Adanya tolak ukur yang jelas diharapkan agar karyawan dapat serius dalam bekerja dan memperhatikan akan kualitas dan kuantitas hasil kerjanya.