Pengaruh Citra CU Stella Maris, Kepercayaan Anggota dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menjadi Anggota di CU Stella Maris Siantan Pontianak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra CU Stella Maris, kepercayaan anggota dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi anggota di CU Stella Maris Siantan Pontianak. Metode pada penelitian ini adalah metode kausalitas dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 22. Serta menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh citra CU Stella Maris, kepercayaan anggota dan kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel citra CU Stella Maris, kepercayaan anggota dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan anggota. Berdasarkan hasil analisis korelasi, uji F dan uji t menyatakan bahwa H0 ditolak, serta H1, H2 dan H3 diterima. Variabel citra CU Stella Maris, kepercayaan anggota dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh sebesar 23,60 persen terhadap keputusan menjadi anggota di CU Stella Maris Siantan Pontianak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah apabila CU Stella Maris Siantan Pontianak membangun citra baik dan positif, meningkatkan kepercayaan kepada anggota dengan selalu memberikan kualitas pelayanan yang baik maka akan turut meningkatkan keputusan menjadi anggota CU Stella Maris Siantan Pontianak. Saran yang dapat diberikan adalah membuat program Corporate Social Responsibility (CSR), melakukan pendekatan hubungan dengan anggota dan menambah jumlah karyawan pada bagian teller dan customer service.