Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga terhadap Minat Beli Cat Merek Propan pada PT Propan Raya ICC Cabang Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek dan harga terhadap minat beli konsumen cat merek Propan pada PT Propan Raya ICC cabang Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, membagikan kuesioner dan studi pustaka. Penulis mengambil sampel sebanyak 100 responden yang merupakan pelanggan dari PT Propan Raya ICC cabang Pontianak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif, diukur menggunakan skala likert, kemudian diolah dengan menggunakan program Statistical Product and Service (SPSS) versi 19,00. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, citra merek dan harga yang diuji menggunakan pengujian regresi linear berganda, uji F dan uji t menyatakan memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Namun, hanya variabel kualitas produk dan harga yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen, sedangkan pada variabel citra merek dinyatakan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen.