Pengaruh Penjualan Adaptif terhadap Kinerja Tenaga Penjualan Studi Kasus pada PT Bronson Prima Industri Cabang Pontianak
Abstract
Seorang tenaga penjualan merupakan ujung tombak dalam kegiatan pemasaran, dimana tenaga penjualan yang harus berinteraksi dengan pelanggan dalam memasarkan produk perusahaan. Secara spesifik untuk meningkatkan hasil penjualan yang efektif, tenaga penjualan harus menerima dan bertindak terhadap rangsangan lingkungan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan adaptif terhadap kinerja tenaga penjualan pada PT Bronson Prima Industri cabang Pontianak. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif menggunakan program SPSS 22 dengan regresi linier berganda. Sampel yang akan digunakan merupakan populasi dari penelitian yang diambil dari seluruh tenaga penjualan pada PT Bronson Prima Industri cabang Pontianak dengan menggunakan metode sensus. Dari hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa responden setuju bahwa variabel penjualan adaptif berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjualan. Hasil analisis kuantitatif menunjukan bahwa variabel bebas penjualan adaptif (self monitoring, androgyny, empathy, dan opener) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga penjualan pada PT Bronson Prima Industri cabang Pontianak.