Servant Leadership pada Kepemimpinan General Manager Swalayan Departement Store Kaisar di Pontianak
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah manajer di swalayan Kaisar sudah mencerminkan karakteristik servant leadership menurut Greenleaf, untuk mengukur faktor-faktor kepemimpinan dominan yang muncul di dalam diri pemimpin dan mencari tahu informasi mengenai servant leadership pada general manager di swalayan Kaisar yang dinilai oleh karyawan yang di pimpinnya. Seorang Pemimpin mempunyai peran penting dalam memimpin dan mengelola perusahaan. Supaya perusahaan bisa mencapai tujuannya perlu seorang pemimpin yang tidak memikirkan status dan diri sendiri yang mau turun menjadi sama dengan bawahan yang dipimpinnya yang dikenal dengan servant leadership (kepemimpinan yang melayani). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesuiner, wawancara, dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode sampling insidental. Skala pengukuran yang digunakan peneliti adalah skala likert. Berdasarkan hasil rekapitulasi tanggapan responden menunjukkan bahwa general manager di toko swalayan Kaisar di Pontianak sudah cukup baik mencerminkan karakteristik servant leadership menurut Greenleaf. Pendekatan pertama yang paling tinngi responnya adalah persuasi dengan jumlah skor sebesar 227. Karyawan atau responden menilai netral tentang pendekatan persuasi ini terhadap general manager di swalayan departement store Kaisar.