Pengaruh Harga dan Kinerja Layanan terhadap Minat Menggunakan Kembali Jasa Pengiriman Barang pada PD Era Makmur di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap minat menggunakan kembali jasa, dan pengaruh kinerja layanan terhadap minat menggunakan kembali jasa pengiriman barang pada PD Era Makmur di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi dokumentasi, dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah menggunakan jasa pengiriman barang PD Era Makmur yang berada di Pontianak. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden dengan menggunakan skala likert untuk mengukur variabel yang diteliti dengan karakteristik pelanggan tetap PD Era Makmur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan menggunakan skala likert dan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa variabel harga dan variabel kinerja layanan yang diuji menggunakan regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat menggunakan kembali.