Pengaruh Brand Image terhadap Minat Beli Produk Malkist Roma pada CV Asia Abadi Pontianak
Abstract
Brand image merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan, karena minat konsumen untuk membeli suatu produk biasanya dipengaruhi oleh brand image (citra merek) suatu produk. Brand image adalah persepsi tentang merek yang merupakan refleksi memori konsumen akan asosianya pada merek tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat beli produk Malkist Roma pada CV Asia Abadi Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif kausal, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memperlihatkan hubungan sebab-akibat atau dengan maksud mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Dalam menguji pengaruh brand image terhadap minat beli produk Malkist Roma, alat analisis yang dilakukan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji signifikansi koefisien regresi. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan keseluruhan variabel, yakni: corporate image, product image, dan user image dianggap memberikan pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya minat beli konsumen.