Analisis Pengaruh Kinerja Layanan dan Atribut Toko terhadap Keputusan Pembelian pada Apotek Jaya di Pontianak

Authors

  • Sylvia Pratiwi Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini di lakukan untuk menguji pengaruh kinerja layanan dan atribut toko terhadap keputusan beli konsumen pada Apotek Jaya di Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang membeli di Apotek Jaya di Pontianak dengan jumlah populasi 7.200 pelanggan berdasarkan data tahun 2016 dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) dari kedua variabel independen mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan beli adalah sebesar 53,1 persen, sedangkan sisanya 46,9 persen dijelaskan oleh fakto-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kinerja layanan dan atribut toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan beli. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan lebih meningkatkan lagi atribut toko dalam memberikan pelayanan yang baik, penampilan toko yang tertata rapi dan memberikan bonus yang menarik kepada konsumen sehingga menimbulkan rasa kepuasan tertentu.

Published

2023-07-16

Issue

Section

Articles