Pengaruh Atribut Produk, Kepercayaan Merek dan Kinerja Layanan terhadap Kinerja Penjualan Sabun Deterjen Merek Rinso pada PD Andhika Primajaya di Pontianak

Authors

  • Clara Surya Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari atribut produk, kepercayaan merek dan kinerja layanan dalam mempengaruhi kinerja penjualan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada PD Andhika Primajaya di Pontianak yaitu toko, minimarket dan supermarket yang menjual Rinso sebanyak 790 pelanggan, dengan sampel sebanyak seratus pelanggan. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa atribut produk, kepercayaan merek dan kinerja layanan sudah baik karena sebagian besar responden telah menyatakan setuju. Dari hasil uji F yang menggunakan SPSS versi 23, dapat dinyatakan bahwa pada penelitian ini, hipotesis yang diambil oleh peneliti adalah dengan menolak H0 dan menerima Ha. Dari hasil analisis dapat dilihat bahwa atribut produk, kepercayaan merek dan kinerja layanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja penjualan.

Published

2023-07-16

Issue

Section

Articles