Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, dan Merchandise terhadap Keputusan Beli Konsumen pada Toko Buku Gramedia Cabang Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, store atmosphere, dan merchandise terhadap keputusan beli konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal-komparatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Sampel yang diambil sebanyak 170 responden dengan menggunakan metode ratting scale. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif menggunakan program SPSS 23. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan kualitas pelayanan, store atmosphere, dan merchandise berpengaruh terhadap keputusan beli konsumen. Adapun saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara menawarkan bantuan kepada pelanggan yang sedang kesulitan. Memberikan brosur barang kepada konsumen untuk barang baru dan best seller. Melakukan perluasan area baca dengan mengurangi unit pajangan non buku dan menambahkan fasilitas kursi untuk menambah kenyamana kosumen saat memilih buku.