Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan tata kelola perusahaan, tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Penulis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) untuk menguji dan menganalisis dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi ke 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tata kelola perusahaan dengan proksi kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh pada nilai perusahaan, komisaris independen berpengaruh negatif pada nilai perusahaan, serta pada komite audit, penerapan tanggung jawab sosial perusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif pada nilai perusahaan. Sedangkan pada penelitian ukuran perusahaan sebagai pemoderasi menunjukkan bahwa ukuran perusahaan mampu memperkuat pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan memperlemah pengaruh tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan, serta ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh komite audit dan komisaris independen terhadap nilai perusahaan.