KEBIJAKAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG MEMBELI RUMAH TIPE 36 PADA PT SEJAHTERA MITRA ABADI DI PONTIANAK
Authors
Foryunata Foryunata
Abstract
Semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat baik kebutuhan primer maupun sekunder menuntut seseorang untuk dapat selektif melakukan pembelian yang mampu memberikan tingkat kepuasan yang diinginkan seperti membeli rumah hunian tipe 36 pada PT Sejahtera Mitra Abadi di Pontianak. Namun demikian banyak sekali perusahan pesaing yang bergerak dibidang yang sama. Maka dari itu, perusahaan harus mampu mengambil suatu kebijakan pemasaran terutama kebijakan bauran pemasaran yang mencakup produk (Product), harga (Price), lokasi (Place) dan promosi (Promotion) dalam rangka meningkatkan kepuasan konsumen yang membeli rumah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumenter, studi kepuastakaan dan kuesioner. Metode penelitian menggunakan populasi dan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif melalui kuesioner yang disebarkan. Kesimpulan yang diambil adalah kebijakan bauran pemasaran yang diambil oleh perusahaan mencakup harga (Price), produk (Product), lokasi (Place) dan promosi (Promotion) dalam rangka meningkatkan kepuasan. Hal ini dibuktikan dengan sikap konsumen yang rata-rata menyatakan setuju terhadap aspek-aspek setiap pertanyaan pada variabel harga (Price), produk (Product), lokasi (Place) dan promosi (Promotion).