PENGARUH KEBIJAKAN PROMOSI TERHADAP MINAT MEMBELI KONSUMEN PADA CV SOLID BANGUN PERSADA DI PONTIANAK
Authors
Nelly Aprilani
Abstract
Promosi merupakan salah satu media yang penting dalam memperkenalkan produk perusahaan kepada konsumen. Dengan adanya kebijakan promosi akan berperan penting dalam menarik minat membeli konsumen, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebijakan promosi yang selama ini diterapkan perusahaan dalam menarik minat membeli konsumen. Sampel yang digunakan oleh penulis sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah Purposive Sampling. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif menggunakan program SPSS 17.0 dengan regresi linear berganda untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel-variabel kebijakan promosi terhadap minat membeli konsumen. Dari hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa responden setuju bahwa CV Solid Bangun Persada memiliki citra yang baik di mata konsumen. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel bebas periklanan, penjualan perorangan, hubungan masyarakat, dan promosi penjualan, secara keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat Minat Membeli.