Pengaruh Bauran Produk dan Kinerja Layanan terhadap Minat Menyimpan pada Credit Union Lantang Tipo Kantor Cabang Utama di Pusat Damai Kabupaten Sanggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran produk dan kinerja layanan secara parsial terhadap minat menyimpan pada Credit Union Lantang Tipo KC Utama di Pusat Damai Kabupaten Sanggau. Data yang dipakai adalah data jumlah anggota simpanan dan volume simpanan dari tahun 2010 hingga 2014. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 27.056 anggota pada CU Lantang Tipo KC Utama di Pusat Damai Kabupaten Sanggau. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dan ditetapkan sebanyak 100 responden dari keseluruhan populasi. Berdasarkan uji validitas dan reabilitas, data dikatakan valid dan reliabel. Hasil dari analisis regresi berganda adalah Ŷ = 2,723 + 0,075 X1 + 0,101 X2. Hasil uji koefisien korelasi berganda menunjukkan nilai R sebesar 0,534 yang berarti bahwa hubungan antara bauran produk dan kinerja layanan terhadap minat menyimpan mempunyai tingkat hubungan yang sedang. Pengujian hipotesis secara parsial pada uji t menunjukkan variabel bauran produk (X1) tidak memiliki pengaruh terhadap minat menyimpan, sedangkan variabel kinerja layanan (X2) memiliki pengaruh terhadap minat menyimpan.