Pengaruh Atribut Tempat Berbelanja terhadap Minat Beli pada Swalayan Kaisar di Pontianak
Abstract
Atribut tempat berbelanja merupakan atribut-atribut yang menjadi alasan konsumen dalam memilih tempat berbelanja seperti Berbelanja bulanan secara one – stop shopping, harga yang kompetitif, banyak pilihan barang, mudah dicapai, area parkir yang luas, produk yang diinginkan tersedia, jam buka setiap hari yaitu pukul 08.00-21.30 WIB, pengalaman berbelanja/style dari gerai, fasilitas tambahan (keranjang belanja, WC umum, mesin scan harga), kedekatan dengan gerai lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tangapan konsumen serta menganalisis atribut tempat berbelanja terhadap minat beli pada Swalayan Kaisar di Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu aksidental dengan jumlah sampel 100 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel atribut tempat berbelanja yaitu: lokasi, harga, produk, dan suasana Toko dapat menarik minat beli konsumen. Penulis menyarankan Swalayan Kaisar di Pontianak untuk menyediakan variasi produk dan program diskon pada Swalayan Kaisar di Pontianak di promosikan lebih intensif di koran agar dapat diketahui oleh pelanggan dan masyarakat umum.