Kinerja Layanan dan Harga Jasa Transportasi pada Perum Damri Cabang Pontianak

Authors

  • Agulina Elissiani Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja layanan yang diberikan dan harga jasa yang diterapkkan oleh Perum Damri Cabang Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi untuk penelitian ini adalah pengguna jasa trasportasi dengan jalur layanan Pontianak-Sintang, dengan menggunakan teknik purposive sampling, maka penulis membatasi sampel yang diambil sebanyak seratus penumpang dengan kriteria responden sebagai berikut: Yang telah menggunakan minimal dua kali dan berumur lebih dari 18 tahun pelayanan jasa transportasi pada. Untuk alat analisis kualitatif, penulis menggunakan Skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden mengenai kinerja layanan dan harga yang telah diterapkan oleh sudah baik, hanya saja dalam memberikan informasi karyawan perlu ditinggatkan untuk lebih jelas agar penumpang tidak keliru saat menaiki bus yang akan berangkat. Saran yang diberikan oleh penulis adalah perusahaan perlu meningkatkan kinerja karyawan dalam melayani ketika penumpang ingin bertransaksi, dan untuk harga jasa sebaiknya memberikan potongan harga di hari- hari tertentu.

Published

2023-07-16

Issue

Section

Articles