Pengaruh Struktur Modal, Intellectual Capital, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Nilai perusahaan menjadi indikator keberhasilan manajemen mencapai tujuan serta seberapa besar investor mengapresiasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal, intellectual capital, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi sebanyak 53 perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia sedangkan sampel sebanyak 35 perusahaan. Penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Tahapan analisis data dengan uji asumsi klasik, korelasi, koefisien determinasi, uji F, dan analisis pengaruh. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa struktur modal dan intellectual capital tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif. Kemampuan permodelan menjelaskan perubahan nilai perusahaan sebesar 55,6 persen. Hasil Uji F menunjukkan model penelitian layak untuk menjelaskan pengaruh struktur modal, intellectual capital, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
References
Atmaja, Lukas Setia. 2003. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.
Brigham dan John F.Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.
Hansen, Verawati dan Juniarti. 2014. “Pengaruh Family Control, Size, Sales Growth, dan Leverage terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Sektor Perdagangan, Jasa, dan Investasi.” Business Acccouting Review, Vol. 2, No. 1, hal. 120-130.
Harjito, Agus dan Martono. 2013. Manajemen Keuangan, edisi kedua. Yogyakarta: Ekonisia.
Kontesa, M., Nichol, E.O., Bong, J.S. dan Brahmana, R.K. (2020). Board Capital and Bank Efficiency: Insight from Vietnam. Business: Theory and Practice, 21(2), 483-493.