Analisis Daya Tarik Layanan dan Brand Trust terhadap Keputusan Menginap Kembali pada Hotel Harmony Inn di Pontianak

Authors

  • Silviana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik layanan dan brand trust terhadap keputusan menginap kembali pada Hotel Harmony Inn di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas, Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden 115 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrument yang diggunakan oleh peneliti reliabel. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel daya tarik layanan dan brand trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap kembali. Hasil pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa variabel daya tarik layanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap kembali dan variabel brand trust tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap kembali.

References

Purnamasari, Wahyu Ika. 2015. “Analisis Pengaruh Promosi dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Ulang”.

Rizan, Mohammad, Basrah Saidani & Yusiyana Sari. 2012. “Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro”. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol 3 (1).

Sunyoto, Danang & Fathonah Eka Susanti. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles