Kinerja Pelayanan pada PT Astra International, Tbk. - Honda Sales Office di Jalan Pattimura Pontianak
Abstract
Perkembangan ekonomi dewasa ini yang pesat menimbulkan persaingan yang ketat dalam sektor distribusi sepeda motor. Sejumlah dealer terus bersaing untuk menjadi yang terbaik, kreatif dan inovatif agar dapat mempertahankan eksistensinya. Penulis ingin meneliti lebih lanjut kinerja pelayanan pada PT Astra International, Tbk.- Honda Sales Office Di jalan Pattimura Pontianak. Tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja pelayanan yang diberikan oleh PT Astra International, Tbk.- Honda Sales Office Di Jalan Pattimura Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan objek penelitian di kota Pontianak. Populasi yang diteliti adalah seluruh konsumen yang membeli sepeda motor Honda pada PT Astra International, Tbk.- Honda Sales Office Dijalan Pattimura Pontianak dengan sampel sebanyak 100 orang dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan studi dokumenter. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan skala likert berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan jasa yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik dengan cara mengumpulkan data dari kuesioner yang disebarkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh karyawan pada PT Astra International, Tbk. - Honda Sales Office Di Jalan Pattimura Pontianak secara umum sangat memuaskan pembeli. Dari kesimpulan tersebut, perusahaan disarankan untuk mempertahankan serta meningkatkan kinerja pelayanan, menambah pengetahuan dan kemampuan karyawan melalui pelatihan agar dapat dapat memberikan pengalaman positif kepada konsumen, serta meningkatkan kerja keras, dan ketekunan.