Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Daya Tarik Promosi dan Citra Rumah Sakit terhadap Keputusan Pasien Rawat Jalan dalam menggunakan Jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak

Authors

  • Siska Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Keputusan pasien dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah kinerja layanan, daya tarik promosi dan citra rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kinerja Layanan, Daya Tarik Promosi dan Citra Rumah Sakit terhadap Keputusan Pasien pada RSB Jeumpa di Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisoner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pada Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak Penelitian ini dapat di tentuankan dengan sampel incidental sampling. Pembahasan menggunakan uji validitas dan reliabilitas,uji asumsi klasik, heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Software spss versi 22 digunakan untuk pengujian model penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja layanan, daya tarik promosi dan citra rumah sakit berpengaruh signifikan dan positif baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pasien.

References

Abdullah, Thamrin dan Tantri Francis. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Adam, Muhammad.Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2015. Mengutip dari Zeithaml, Valarie A, Mary Jo Bitner, Dwayne D Gremler, 2009. Service Marketing, Integrating Customer Focus Across the Firm, Fifth Edition, McGrowHill, International Edition.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran (judul asli: Principles Of Marketing), edisi keduabelas, jilid 2. Penerjemah Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran (judul asli: Marketing Management), edisi millennium jilid 1. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles