Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Pewangi Molto pada PD Andhika Primajaya di Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli Pewangi Molto pada PD Andhika Primajaya di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk kausalitas yang bersifat sebab akibat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan studi dokumenter. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan program SPSS versi 22. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah variabel citra merek dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli Pewangi Molto pada PD Andhika Primajaya di Pontianak. Saran dari penelitian ini adalah agar perusahaan dapat memperhatikan cara penyusunan barang di dalam gudang agar dapat mengeluarkan barang dengan sistem FIFO serta mampu mendistribusikan produk pewangi Molto dengan baik agar komposisi dari pewangi Molto tetap terjaga.
References
Ambarwati, Miki, et al. 2015. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Pasta Gigi Pepsodent Pada Universitas Brawijaya Malang.” Jurnal Administrasi Bisnis, vol 25, no. 1.
Arifin, Endro dan Achmad Fachrodji. 2015. “Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles Di Jakarta Selatan.” Jurnal MIX, vol 5, no. 1.
Faradiba dan Sri Rahayu Tri Astuti. 2013. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen.” Diponegoro Journal Of Management, vol 2, no. 3.
Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.
Levy & Weitz. 2012. Retailing Management, 8th Edition. New York: McGrawHill, Irwin.
Martono, RAP dan Sri Setyo Iriani. 2014. "Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Duwur Lamongan." Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), vol 2 no. 2.