KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT TNI TINGKAT II KARTIKA HUSADA KABUPATEN KUBU RAYA
Authors
Desy Yanti
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan rumah sakit TNI tingkat II Kartika Husada Kubu Raya terhadap pasien rawat inap kamar kelas III. Sejauhmana kualitas yang diberikan mampu memberikan kepuasan bagi pasien yang datang berkunjung. Kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam menciptakan kepuasan pasien. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan yang diambil rumah sakit dalam meningkatkan kualitas jasa pelayanan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggambarkan suatu objek penelitian pada rumah sakit TNI tingkat II Kartika Husada Kubu Raya. Pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik survei dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi 2 yaitu analisis kualitatif berupa pengolahan data dan penetapan variabel-variabel yang diteliti. Analisis kuantitatif berupa skala pengukuran likert, analisis tingkat kesesuaian dan analisis kuadran atau diagram kartesius.