KEBIJAKAN BAURAN PROMOSI PADA KOPERASI KREDIT PANCUR KASIH TP SIDAS DI SIDAS KABUPATEN LANDAK
Authors
Yanti Fransina Taopan
Abstract
Kajian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan bauran promosi yang selama ini diterapkan oleh Koperasi Kredit Pancur Kasih TP Sidas di Sidas Kabupaten Landak dalam usahanya meningkatkan pendapatan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Koperasi Kredit Pancur Kasih TP Sidas di Sidas Kabupaten Landak pada tahun 2013 yaitu sebanyak 4.872 orang. Teknik penarikan sampel dengan metode purposive sampling. Sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil jawaban responden dan nilai rata-rata total pada variabel periklanan sebesar 3,48 masuk dalam kategori penilaian baik. Hasil jawaban responden dan nilai rata-rata total pada variabel variabel penjualan pribadi (personal selling) sebesar 3,68 masuk dalam kategori penilaian baik. Hasil jawaban responden dan nilai rata-rata total pada variabel promosi penjualan (sales promotion) sebesar 4,16 masuk dalam kategori penilaian baik. Hasil jawaban responden dan nilai rata-rata total pada variabel public relation sebesar 4,06 masuk dalam kategori penilaian baik. Hasil jawaban responden dan nilai rata-rata total pada variabel direct marketing sebesar 4,35 masuk dalam kategori penilaian sangat baik. Adapun total dari rata-rata tanggapan responden mengenai kebijakan bauran promosi yang selama ini diterapkan oleh koperasi dalam usahanya meningkatkan pendapatan sebesar 19,74 dengan nilai rata-rata secara keseluruhan 3,95. Jadi berdasarkan perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan kebijakan bauran promosi yang selama ini diterapkan oleh koperasi dalam usahanya meningkatkan pendapatan dalam kategori baik karena berada pada rentang 3,40-4,19.