Kebijakan Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan pada Grand Kartika Hotel di Pontianak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi responden (pelanggan) mengenai kebijakan pemasaran dan kepuasan pelanggan. Yang menjadi Objek pada penelitian kali ini adalah Grand Kartika Hotel di Pontianak Jl. Rahadi Usman No. 2 Pontianak yang terletak di pingiran sungai Kapuas dan bersebelahan dengan taman Alun-alun Kapuas. Bentuk penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu dengan melihat jawaban dari responden melalui kuesioner yang disebarkan ke pelanggan. Metode pengumpulan data terdiri dari kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Grand Kartika Hotel di Pontianak. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan karakteristik minimal memiliki frekuensi paling kecil pernah menginap dua kali. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebijakan pemasaran dan kepuasan pelanggan yang di terapkan oleh Grand Kartika Hotel di Pontianak sudah dianggap baik dan efektif, akan tetapi terus ditingkatkan lagi baik itu produk maupun pelayanannya.