PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN FASILITAS PENDUKUNG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA HOTEL KINI DI PONTIANAK

Authors

  • Eptarina Rosanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana pengaruh harga, promosi dan fasilitas pendukung yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian pada Hotel Kini di Pontianak. Metode penelitian yakni deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah tamu-tamu yang menginap di Hotel Kini Pontianak. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel dengan menggunakan metode accidential sampling dengan kriteria pernah menyewa kamar pada Hotel Kini Pontianak. Dari perhitungan yang dilakukan oleh penulis, penulis mendapatkan semua variabel bebas yang digunakan oleh peneliti adalah valid. Hasil uji reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Koefisien determinasi menghasilkan nilai sebesar 0,841. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, maka persamaan regresi berganda adalah Y = - 0,024 X1 + 0,310 X2 + 0,335 X3. Hasil perhitungan uji F menghasilkan nilai sebesar 13,109 pada tingkat signifikansi 0,005. Pengujian secara parsial menghasilkan variabel harga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan variabel promosi dan variabel fasilitas pendukung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Downloads

Published

2016-11-14

Issue

Section

Articles