KEBIJAKAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN REKRUT ANGGOTA PADA CREDIT UNION KELING KUMANG TP PUTUSSIBAU DI PUTUSSIBAU

Authors

  • Yustina Pala’Liu

Abstract

Credit Union (CU) Keling Kumang TP Putussibau di Putussibau adalah merupakan salah satu koperasi simpan pinjam yang sedang berkembang saat ini dan memiliki sejumlah masalah dalam meningkatkan rekrut anggota baru. Agar dapat meningkatkan jumlah rekrut anggota baru maka pihak pengelola CU Keling Kumang harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan anggota serta pelayanan apa saja yang diinginkan oleh anggota, karena kelangsungan CU sangat tergantung dari anggota yang bergabung, semakin sedikit anggota yang bergabung maka semakin sulit untuk berkembang karena CU adalah sekumpulan orang-orang bukan perkumpulan modal. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui  kebijakan pemasaran dalam meningkatkan rekrut anggota pada CU Keling Kumang TP Putussibau di Putussibau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota CU Keling Kumang TP Putussibau yang berjumlah 16.401 orang. Jumlah sampel yang diambil 100 orang yaitu menggunakan metode Probability Sampling dengan membatasi usia responden antara tujuh belas tahun sampai dengan tujuh puluh tahun. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.

Downloads

Published

2016-11-14

Issue

Section

Articles