PEMBERIAN PENGHARGAAN DAN SANKSI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA CREDIT UNION KELING KUMANG TP KANTOR PUSAT SEKADAU DI SEKADAU
Authors
Nikodemus Nikodemus
Abstract
Pendekatan manajemen berbasis sasaran melalui pemberdayaan Sumber Daya Manusia yang bermutu dan berkinerja tinggi adalah penting untuk dilakukan. Oleh kerena itu dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia dalam mencapai kinerja yang baik, semua hal ini tentu tidak terlepas bagaimana program pemberian penghargaan dan sanksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu bagaimana kebijakan yang diterapkan oleh Credit Union Keling Kumang TP Kantor Pusat Sekadau dalam menerapkan pemberian penghargaan dan sanksi terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini mengunakan metode deskripktif dan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 25 orang responden. Analisis data dilakukan secara kualitatif yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Pemberian penghargaan yang diterapkan oleh lembaga dalam meningkatkan kepuasan kerja meliputi tanggung jawab sesuai dengan kemampuan, karyawan yang berkinerja tinggi mendapatkan pengakuan, program pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, pembayaran insentif jangan terlalu lama, pemberian tunjangan menyesuaikan upah dan gaji dengan perubahan harga dan perbedaan biaya hidup, pemberian tugas dan tanggung jawab harus sesuai dengan kemampuan, pengakuan bahwa pekerjaan telah dilakukan dengan baik, lembaga memberikan promosi kepada karyawan yang berprestasi, sanksi yang sudah sesuai dengan tingkat kesalahan dan aturan yang diterapkan oleh lembaga harus dipertahankan, skorsing atau pemecatan/Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tanpa pesangon yang terlambat masuk kerja, penurunan gaji bagi karyawan yang dikenakan sanksi, pemberian sanksi membuat karyawan semakin bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.