BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN TIPE 36 PADA PT PUTRA PERSADA KHATULISTIWA DI PONTIANAK
Authors
Mardeden Mardeden
Abstract
Tingginya kebutuhan akan permintaan perumahan, PT Putra Persada Khatulistiwa di Pontianak sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang perumahan, membangun perumahan untuk kebutuhan konsumen dalam rangka meningkatkan penjualan produk perumahan. Dalam usaha penjualan produk, tentunya pihak perusahaan harus memahami pentingnya strategi promosi terutama mencakup bauran promosi seperti Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relation) dan Penjualan Perorangan (Personal Selling) dalam upaya mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Maka dari itu dibutuhkan suatu analisis strategi yang tepat dan baik sehingga konsumen dapat memutuskan pembelian rumah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode observasi, wawancara dan kuesioner. Metode penelitian menggunakan populasi dan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif melalui kuesioner yang disebarkan. Hasil jawaban tersebut kemudian dihitung persentasenya berdasarkan rumus yang ada. Kesimpulan yang dapat diambil penulis adalah analisis bauran promosi terhadap keputusan pembelian yang dilihat dari beberapa variabel yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat rata-rata responden menyatakan setuju terhadap variabel tersebut yang mampu mempengaruhi responden dalam mengambil keputusan pembelian.